Monday, December 5, 2011

Mengelompokan Ukuran Biji Sawit

 

Pemecah biji mampu bekerja maksimal jika ukuran biji yang akan dipecah sama. Namun hal ini tidak mungkin.

Ukuran biji yang dapat disediakan di pabrik biji maksimal 3 kategori saja, yaitu ; biji ukuran kecil, sedang dan besar.

clip_image001clip_image002

Dengan variasi ukuran tersebut pabrik harus menyediakan 3 unit pemecah biji.

Alat untuk mengelompokkan ukuran biji disebut Nut Grading Drum.

Nut grading drum hanyalah alat yang sederhana, terdiri dari plat MS 5 mm yang di rol menjadi sebuah silider yang di tempatkan pada poros yang horizontal. Plat nut grading drum diberi lubang perforasi dengan ukuran di segmen 1 = 15 mm, segmen 2 = 20 mm dan segmen 3 = 25 mm. Di bagian ujung nut grading drum terdapat corong untuk membuat biji dengan ukuran lebih dari 25 mm (ukuran nut > 25 mm sangat minim).

Gerak utama nut grading drum adalah berputar dengan kecepatan konstan dan biji masuk dari perforasi terkecil. Biji dengan ukuran kecil akan jatuh ke Nut Silo No 1 / Ripple mill No 1 / Nut Cracker No 1 dan biji ukuran sedang akan lolos ke segmen 2 dan 3 di nut grading drum, maka biji akan jatuh ke masing-masing instalasi yang menampungnya. Demikianlah cara nut grading drum mengelompokkan ukuran biji sesuai kriterianya.

Penempatan Nut Grading Drum bisa dilakukan sebelum Nut Silo, namun cara ini akan membutuhkan minimal 3 unit Nut Silo dan 3 unit pemecah biji. Jika kita tempatkan Nut Grading Drum di atas pemecah biji maka akan membutuhkan 3 unit pemecah biji dan mungkin 1 atau 2 nut silo saja.

Nut grading drum memang alat yang sederhana namun mampu menentukan kinerja alat pemecah biji.

0 comments:

Post a Comment