Monday, January 16, 2012

Tahapan Proses Perebusan di Vertical Sterilizer

 

IMG_1259     IMG_1264

Gambar kiri Vertical Sterilizer tampak keseluruhan dan sebelah kanan pintu bawah vertical sterilizer sedang mengeluarkan buah matang rebus.

 

Prinsip proses perebusan buah sawit di vertical sterilizer sama dengan proses perebusan di horizontal sterilizer. Adapun tahapan proses perebusan buah sawit di vertikal sterilizer sbb:

 

  1. Dalam hal ini, jumlah buah sawit di loading ramp dianggap sudah cukup untuk diolah dan instalasi di vertical sterilizer sudah diperiksa dan siap beroperasi serta jumlah operator sudah cukup menjalankan instalasi pabrik.
  2. Pastikan pintu bawah VS sudah tertutup dengan baik, bukalah pintu atas VS dan diikuti menurunkan chute tempat buah sawit meluncur masuk ke VS. Kemudian bukalah klep dibawah scrapper conveyor agar buah sawit nantinya dapat turun dari scrapper conveyor.
  3. Isi air ke dalam VS dengan membuka Clean water in let valve selama 2 menit / auger tertutup air, agar buah sawit tidak langsung berbenturan dengan instalasi didalam VS. Tutup kembali valve clean water in let.
  4. Operasikan scrapper conveyor yang paling terdekat dengan VS yaitu; Distributing scrapper conveyor, declined scrapper conveyor dan Splitter serta scrapper conveyor depan pintu loading ramp.
  5. Tuang buah sawit ke scrapper conveyor depan loading ramp dengan cara menurunkan pintu loading ramp. Buah sawit yang tertuang akan dibawa oleh scrapper conveyor hingga ke VS. Biasanya ada komunikasi / aba-aba dari operator VS ke operator loading ramp agar buah sawit yang dituang sesuai dengan volume VS.
  6. Setelah VS penuh terisi buah sawit, tutup klep scrapper conveyor, naikkan kembali chute, dan tutup pintu atas VS. Kemudian buanglah air yang diisikan sebelumnya kedalam VS dengan cara membuka drain clean water valve hingga habis, tutup kembali drain clean water valve.
  7. Buka condensate valve, lalu masukkan steam ke dalam VS sehingga sisa-sisa air dan udara di dalam VS terbuang. Setelah berlangsung 2 menit tutup condensat valve namun steam in let valve tetap terbuka sehingga tekan uap didalam VS perlahan-lahan akan naik hingga 3 bar. Umumnya tekanan 3 bar ini dapat dicapai 12 hingga 17 menit. Jika tekanan sudah mencapai 3 bar lakukan penahanan tekana uap dengan cara menutup steam in let valve selama 40-45 menit (jika tekanan steam turun bukalah stean in let valve agar uap/steam masuk kembali kedalam VS / re injection).
  8. Jika telah mencapai 40 menit masa penahanan / holding time, buanglah uap dengan membuka condensate valve selama 2 menit atau tekanan uap sudah mencapai 1,5 bar, kemudian bukalah exghaust steam valve agar tekanan uap secepat mungkin mencapai 0 bar.
  9. Sebelum membuka pintu pastikan tekanan steam didalam VS sudah benar-benar nol, dengan cara memperhatikan manometer dan membuka keran uap steam inspection berdiameter 1/2 inchi. Jika masih ada steam yang keluar cukup deras tunggulah hingga tekanan benar-benar nol.
  10. Operasikan scrapper conveyor untuk buah sawit matang rebus mulai dari paling ujung, yaitu; Distributing scrapper conveyor upper thresshing, declined scrapper conveyor, mechanical feeder, scrapper conveyor di depan VS. Kemudian bukalah pintu bawah VS.
  11. Setelah pintu bawah VS terbuka, perhatikan jumlah kondensate yang keluar. Jika kondensat masih banyak, perlu dilakukan pemeriksaan di condensat valve dan atau di saringan VS.
  12. Jalan auger conveyor sehingga buah matang rebus dapat keluar dengan baik. Pastikan buah matang rebus sudah keluar semuanya dan lakukan prosedur mulai dari nomor 2.

VS (Vertical Sterilizer) memakai sistem 1 puncak / singe peak karena buah sawit sudah melewati splitter yang berfungsi memecah buah sawit sehingga penetrasi uap lebih maksimal dan jumlah udara yang terjebak di dalam VS lebih kecil dibanding HS (horizontal sterilizer).

6 comments:

  1. Mana yg lbh baik dlm pengoperasian VS dengan pengisian air dan auger atau tanpa air dan tanpa auger ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penggunaan air sebenarnya lebih bagus, namun harus dijamin kemudahan dan kelancaran pembuangn air tersebut agar tidak memperpanjang siklus perebusan. Hal ini yang sulit dilakukan mengingat saringan gampang tumpat jika TBS terlalu banyak yang kotor. Untuk VS yang tidak memakai air yang perlu adalah memperkuat instalasi auger agar tidak mudah rusak saat terkena benturan.

      Delete
  2. kebutuhan uap untuk vertical sterilizer berapa ?

    mohon bantuannya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tidak salah 160 kg/ton TBS pak, jika bapak punya data yang lain dapat dishare. thanks

      Delete
  3. mohon bantuannya, aku ada tugas cara pemeliharaan sterilizer gimana ?

    ReplyDelete
  4. pabrik saya dengan kapasitas 30ton/jam apa bila kita menggunakan cara perebusan dengan tahap triple Peak dengan tahap 1 memkai steam 2 bar tahap 2 memakai 2 bar lagi dan tahap ke 3 2,5-2,8 bar dengan waktu 100 menit.. apa yg akan terjadi pak.. mohon bantuan nya.

    ReplyDelete