Tuesday, March 20, 2012

Upper Flow, Saluran Minyak Sawit Dari CST

 
100_3559
Skimmer saat mengutip minyak sawit
Minyak yang sudah terpisah di CST tentu perlu saluran keluar agar CST tetap stabil. Agar kondisi cairan CST stabil, jumlah cairan yang keluar sama dengan jumlah cairan yang masuk. Cairan masuk CST dari Buffer Tank, cairan keluar dari CST berasal dari Under Flow, tempat lumpur / pasir keluar dan Upper Flow, saluran minyak sawit keluar dari CST.
Upper flow terdiri dari skimmer dan pipa minimal berdiameter 3-4 inchi. Skimmer berbentuk kerucut yang terhubung dengan pipa keluar melalui sistem ulir sehingga dapat diturunkan dan dinaikkan. Ulir ini biasanya dibuat sepanjang pipa skimmer, sedangkan dipipa hanya dibuat sepanjang kira-kira 10 cm (membentuk pasangan baut dan mur, skimmer berfungsi sebagai baut, ulir di pipa sebagai mur.
Bagian ulir ini harus rapi sehingga cairan minyak tidak ada yang keluar dari CST by pass melalui celah ulir. Bagian ulir skimmer sering aus, selain faktor gesekan juga akibat kandungan asam lemak bebas minyak sawit. Ulir ini harus mendapat perhatian minimal 3 bulan sekali.
Ulir skimmer memegang peranan penting karena melalui ulir ini operator memutar handle skimmer untuk mengatur posisi skimmer yang berujung ke pengaturan ketebalan minyak sawit di CST.
Pengaturan ketebalan minyak oleh posisi skimmer selain akan menghasilkan minyak yang lebih bersih juga akan mempercepat pemisahan minyak dari impuritis, namun tetap disarankan ketebelan minyak nyata yang terbentuk sekitar 60-100 cm.
Untuk mengetahui ketebalan minyak yang terbentuk dapat dilihat dari sight glass yang ada di ujung atas CST. Jika tidak ada dapat dipergunakan pipa kapiler dari kaca yang memiliki panjang minimal 150 cm.
Bagian atas minyak umumnya terdapat busa / buih yang sebaikknya tidak terikut ke Oil Tank karena akan menyulitkan pengamatan di Oil Tank. Untuk mencegah buih ini terikut ke Oil Tank di sekeliling skimmer dibuatkan ring sehingga minyak mengalir masuk dari bagian bawah ring namun masuk ke skimmer dari bagian tepi atas.
Atur-skimmer anda sehingga minyak bersih yang terkutip dan pemisahan minyak bisa maksimal di CST.








0 comments:

Post a Comment