Monday, April 30, 2012

CBC, perlakuan awal pemisahan Fibre

 

 

Posisi CBC, Fibre Separating Colomb, polishing Drum di Stasiun Pabrik Biji

 

    

(gbr disamping CBC on Operating) CBC, merupakan alat pre treament pertama di stasiun pabrik biji dan merupakan titik kritis di pabrik kelapa sawit. CBC terletak antara screw press dan fibre separating colomb/fibre cyclone. Banyak pabrik kelapa sawit sering mengalami stagnasi akibat kerusakan di CBC, seperti; baut pen sambungan as conveyor putus, hanging bearing putus, pedal atau daun conveyor yang aus, flens sambungan as conveyor dan kerusakan di bagian penggerak seperti gearbox rusak akibat pelumas yang minim serta elektromotor short ("terbakar"). Kerusakan tersebut sering dialami jika CBC sudah beroperasi diatas 5.000 jam terutama jika pelumasan hanging bearing tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Fungsi utama dari CBC adalah untuk memecah ikatan antar fibre dan fibre dengan biji sehingga mudah dipisahkan oleh fibre separating colomb dan biji sawit sawit bersih dari fibre sebelum dimasukkan ke Nut Silo.

Bagian utama CBC tidak jauh berbeda dari  conveyor lainnya yaitu :

  1. As conveyor, as conveyor umumnya terbuat dari pipa baja carbon/pipa steam dengan diameter 4-5 inchi schedule 40. Tujuan pemakaian pipa untuk memperingan berat as, beban elektromotor, beban hanging bearing dan tentunya lebih mudah dipasang dibandingkan dengan as yang terbuat dari solid iron rod.
  2. Pedal atau cutted full ribbon conveyor yang menjadi ciri khas CBC yang membedakannya dari jenis conveyor lainnya. Pedal disusun sedemikian rupa hingga membentuk alur conveyor sedangkan cutted full ribbon otomatis akan membentuk alur konveyor karena pada dasarnya conveyor tersebut berbasis full ribbon hanya saja di buatkan potongan letter U  sedalam 50% dari diameter terluar sehingga membentuk pedal. Pedal ataupun cutted full ribbon conveyor umumnya terbuat dari plat mild steel 8 mm. Pemilihan ketebalan 8 mm untuk faktor life time yang lebih lama dari segi keausan akibat gesekan fibre. Umumnya diameter conveyor CBC 600 mm untuk memberikan efek pemecahan yang cukup. Khusus dibagian ujung CBC yang berhubungan langsung dengan fibre separating colomb dibuatkan conveyor full ribbon sepanjang 1 meter untuk mengunci udara luar tidak terhisap masuk ke dalam fibre separating colomb agar kevakuman tidak terganggu.
  3. Talang conveyor atau body conveyor CBC terdiri dari 2 lapis, sisi dalam dan sisi luar. Sisi dalam berguna sebagai wearing plate yang membentang sepanjang conveyor namun tinggi talang hanya sampai garis tengah horizontal conveyor. Plat ini berguna sebagai plat aus agar keausan dan kebocoran terhadap talang sisi luar tidak terjadi. Plat sisi dalam biasanya terbuat dari plat mild steel 5 mm atau lebih tipis dari talang sisi luar yang umumnya 7 mm mild steel thick. Namun kadangkala karena faktor biaya talang CBC baik sisi luar dan sisi dalam terbuat dari 5 mm mild steel thick. Saat ini bahkan ada opsi tidak menggunakan wearing plat hanya menggunakan satu lapisan plat talang  namun dengan ketebalan plat 8 mm mild steel. Talang sisi luar digunakan untuk steam jacket. Artinya, sisi luar talang dibuatkan tabung seturut betuk talang dan diinjeksikan uap untuk memanaskan talang CBC agar fibre yang bergerak diatasnya cepat kering. Namun cara ini sudah jarang dipakai mengingat kadar air fibre yang mampu diturunkan oleh steam jacket tidak signifikan. Saat ini talang CBC jarang yang menggunakan steam jacket mengingat kemampuan screw press menghasilkan kadar air dan minyak di fibre sudah sangat rendah hanya saja bagian atas CBC tidak ditutup dan dibuat dengan panjang minimal 20 meter agar membantu proses penguapan uap air dari fibre.
  4. Hanging bearing merupakan penumpu as conveyor agar as conveyor tidak melendut atau agar as conveyor tetap kaku dan simetris. Hanging bearing terdiri dari bidang gesek yang terbuat dari bronze, casing dan pipa penggantung sekaligus sebagai kantung minyak pelumas, saluran pelumas ini harus dikontrol setiap minggu untuk menjamin pelumasan tetap terjadi dan beban gesek berkurang sehingga elektromotor bekerja efektif dengan beban normal. Sebaiknya hanging bearing terletak tiap 3 atau 4 meter.(artinya bisa saja CBC dibuat per segmen dengan panjang masing-masing 3 atau 4 meter)

Bagian sambungan tiap segmen CBC (tiap pemasangan hanging bearing) memakai iron rod yang dibubut sesuai diameter bagian dalam pipa (bagian yang dimasukkan ke as pipa CBC) dan  sisi yang akan dipasang ke hanging bearing sesuai diameter bagian dalam hanging bearing. Untuk mengikat as iron rod dengan as pipa CBC gunakan baut pen 3/4 inci sebanyak 6 buah (iron rod dan as pipa dibor terlebih dahulu) dan mur baut pen tersebut dikunci dengan ring pegas serta menggunakan double mur atau setelah mur dikunci kuat, mur dilas mati ke baut sehingga dijamin baut/mur pen dijamin tidak lepas.

Penyambungan antar segmen CBC  menggunakan cara  flens tidak dianjurkan karena sambungan las pada flens tidak dijamin terhadap beban dinamis seperti yang terjadi di CBC.

Putaran CBC umumnya antara 60 - 75 rpm dengan daya elektromotor 15 KW.

Oh ya... CBC singkatan dari Cake Breaker Conveyor. Kata “cake” dianalogikan karena fibre yang keluar dari screw press masih agak padat seperti cake (adonan fibre).

0 comments:

Post a Comment