Wednesday, January 18, 2012

Sand Trape

 

Sand trape adalah alat untuk menjebak pasir kasar terikut cairan minyak kasar yang berasal dari hasil pengepressan digested fruit di screw press. Minyak kasar ini masuk ke sand trape secara gravitasi dan keluar secara gravitasi. Untuk memaksimalkan pemisahan pasir dengan padatan dilakukan variasi aliran sebelum cairan minyak kasar meninggalkan sand trape menuju vibrating screen.

Variasi aliran dilakukan dengan cara sebagai berikut:

 

  1. Membuat pipa aliran minyak kasar berdiameter 8 inci mengarah kebawah  (secara vertikal)sehingga minyak kasar yang mengalir dari oil gutter masuk ke pipa pengarah dan keluar dari bagian bawah pipa, dengan aliran yang diubah dari bawah ke atas diharapkan padatan berupa pasir kasar tetap mengendap dibagian bawah sand trape sedangkan cairan yang lebih ringan mengalir keatas menuju vibrating screen.
  2. Selain membuat pipa pengarah, sand trape dapat juga dibuatkan sekat yang membentang dibagian tengah sehingga aliran minyak kasar dari oil gutter tetap diubah dari bawah ke atas.
  3. Untuk mempercepat penjebakan pasir bisa juga dibuatkan semacan cyclone dibagian bawah sand trape sehingga aliran minyak kasar masuk kedalam sand trape berputar, dengan berputarnya minyak kasar diharapkan pasir mengarah ke bagian bawah dan cairan yang lebih ringan naik kearah permukaan.

sand trap

Gambar diatas merupakan sand trape dengan pengarah aliran seperti yang di sampaikan di point nomor 3. Penempatan aliran in let jangan terlalu dekat dengan bagian bawah sand trape agar pasir yang sudah mengendap tidak terbawa ke permukaan.

Dibagian atas sand trape umumnya dibiarkan terbuka agar operator dapat mengamati kondisi cairan yang keluar dari screw press. Pengamatan yang diberikan terhadap kondisi cairan berupa tingkat kekentalan cairan dan kebersihan cairan.

Bagian bawah kerucut sand trap dilengkapi dengan keran dan pipa buangan yang berukuran 6 inci, keran yang digunakan biasanya yang bersifat qiuck action untuk membuka atau menutup. Keran pembuangan selama pengoperasian dibuka minimal 1 kali 4 jam untuk membuang padatan / pasir yang sudah mengendap.

Beberapa Pabrik Kelapa Sawit melengkapi Sand Trape dengan pipa pemanas, namun hal ini tidaklah wajib karena fungsi utama untuk menaikkan temperatur ada di Raw Oil Tank.

Volume Sand trape terkategori kecil, umumnya < 8 meter kubik sehingga kelalaian melakukan pembuangan padatan dari bagian bawah sand trape berakibat banyak pasir yang terbawa ke mesin / peralatan berikutnya.

0 comments:

Post a Comment