Friday, January 27, 2012

Vibrating Screen


Posisi Vibrating Screen dengan ROT

Vibrating screen berfungsi untuk menyaring padatan yang tidak tertangkap di Sand Trape. Padatan tersebut berupa pasir dan fibre yang terikut minyak kasar. Cara kerja vibrating screen sederhana dengan cara bergetar dengan gerak beraturan sehingga padatan yang tersaring bergerak radial kearah dinding pembatas / body vibrating yang terhubung ke talang pembuangan padatan. Talang pembuangan padatan terhubung ke Bottom Cross Conveyor yang akan di sirkulasi ulang menuju Pressing Station untuk di press kembali. Pengepressan ulang ini karena fibre / padatan eks vibro masih mengandung minyak yang cukup tinggi.



Vibrating screen ditempatkan diantara Sand Trape dan Raw Oil Tank / ROT (istilah lain Crude Oil Tank). Penempatan Sand Trape dan Vibrating Screen sebelum ROT agar pemanasan di ROT tidak memicu pembentukan emulsi serta mempermudah kerja Continous Settling Tank.

Penempatan Vibrating Screen biasanya diatas ROT atau ditempatkan di bordes tersendiri disamping ROT.

Jika menempatkan Vibrating Screen diatas plat / bordes penutup ROT tentu akan menghemat tempat dan pemakaian material untuk bordes, namun kelemahannya akan menyulitkan perawatan / perbaikan serta inspeksi karena lingkungan ROT cukup panas dan licin. Jika Vibrating Screen ditempatkan di bordes khusus dekat dengan ROT tentu akan mebutuhkan space yang lebih luas namun kemudahan perawatan / perbaikan virating screen akan lebih baik.

Kerusakan yang sering terjadi di Vibrating screen berupa koyaknya screen penyaring, hal ini disebabkan padatan yang dipisahkan di Vibrating Screen bersifat abrasive. Oleh karena itu, untuk memperoleh life time alat yang baik disarankan screen terbuat dari stainless steel. Kerusakan lainnya yaitu retaknya cashing atau body Vibrating Screen akibat getaran yang terus menerus.

Pada saat screen Vibrating koyak maka padatan / fibre akan terlewat dan menyumbat saringan brush strainer serta nozel sludge separator / sludge centrifuge. Jika hal tersebut sampai terjadi maka akan menambah jam stagnasi di klarification station. Maka kemudahan kinerja alat selanjutnya di Clarification Station ditentukan dengan kinerja Sand Trape dan Vibrating Screen.

Vibrating screen secara bentuknya ada yang berbentuk lingkaran dan berbentuk persegi, namun secara umum bentuk lingkaran lebih sering dipakai karena lebih banyak dipasaran.

Vibrating screen disarankan 2 tingkat penyaringan dengan ukuran 30 mesh dibagian atas dan 40 mesh dibagian bawah. Dengan ukuran yang demikian akan memudahkan penyaringan di brush strainner.

Vibrating Screen dilengkapi dengan sprayer air panas agar digunakan sebagai media pengencer dan untuk membersihkan peralatan diakhir olah.

Ujung pipa out put dari sand trape berada diatas bagian tengah Vibrating Screen yang bertujuan a cairan dan padatan dapat bergerak merata keseluruh screen.

Out put Sand trap diatas Vibrating Screen


Walaupun Sand trape dan Vibrating Screen bagian dari Clarification Station namun operational dan pengawasannya dilakukan oleh operator pressing station.

0 comments:

Post a Comment